Lembar Kerja Tugas Kelompok Sosiologi Pendidikan Islam

Topik 1: "Sosiologi Pendidikan Islam sebagai Kajian Interdisiplin
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Interdisiplin
B. Ragam Disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial
C. Hubungan Antardisiplin Ilmu Pengetahuan Sosial yang Membentuk Sosiologi Pendidikan
D. Sosiologi Pendidikan sebagai Cabang dalam Disiplin Sosiologi
Bab III: Penutup

Topik 2: "Sosiologi Pendidikan Islam sebagai Kajian Intradisiplin"
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Intradisiplin
B. Hubungan Pengetahuan Sosiologi Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Islam yang membentuk Sosiologi Pendidikan Islam
C. Ragam Kajian Sosiologi Pendidikan Islam
Bab III: Penutup

Topik 3: "Pendidikan sebagai Kapital Sosial"
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Kapital Sosial
B. Sumberdaya Kapital Sosial dalam Pendidikan
C. Pandangan Islam terhadap Kapital Sosial Pendidikan
Bab III: Penutup

Topik 4: "Stratifikasi Sosial dalam Sosiologi Pendidikan Islam"
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Stratifikasi Sosial
B. Sebab-sebab Terjadinya Stratifikasi Sosial
C. Stratifikasi Sosial dalam Pendidikan Islam
Bab III: Penutup

Topik 5: "Perubahan Sosial dalam Sosiologi Pendidikan Islam"
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Konsep Dasar Perubahan Sosial
B. Prinsip Perubahan Sosial menurut berbagai teori:
    1. Teori Evolusi Budaya
    2. Teori Siklus
    3. Teori Keseimbangan
    4. Teori Konflik
C. Pandangan Islam terhadap Perubahan Sosial
Bab III: Penutup

Topik 6: "Lembaga-lembaga Sistem Sosial dalam Sosiologi Pendidikan Islam"
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Sistem Sosial
B. Asumsi Dasar Sistem Sosial
C. Elemen-elemen Sistem Sosial
    1. Keluarga
    2. Sekolah
    3. Masyarakat
D. Lembaga-lembaga Pendidikan Islam sebagai Sistem Sosial
    1. Madrasah
    2. Pesantren
Bab III: Penutup

Topik 7: "Sosialisasi dan Penyesuaian Diri dalam Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat"
Sistematika Pembahasan:
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Sosialisasi dan Penyesuaian Diri
B. Proses terjadinya Sosialisasi:
    1. Internalisasi nilai-nilai
    2. Enkulturasi
    3. Pendewasaan diri
C. Variasi Penyesuaian diri:
    1. Penyesuaian dengan diri sendiri (Personal Adjustment)
    2. Penyesuaian sosial (Social Adjustment)
D. Sosialisasi dan Penyesuaian Diri dalam Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Bab III: Penutup

Topik 8: "Ruang Kelas sebagai Suatu Sistem"
Sistematika Pembahasan:

Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Ruang Kelas
B. Ruang Kelas sebagai Organisasi Sosial
C. Orientasi dan Dimensi Interaksi Sosial dalam Ruang Kelas
    1. Orientasi Motivasional
    2. Orientasi Nilai
    3. Orientasi Pengalaman Kognitif
D. Interaksi Sosial dalam Ruang Kelas
    1. Hubungan antar Individu
    2. Hubungan antara Individu dan Kelompok
    3. Hubungan antar Kelompok
Bab III: Penutup

Topik 9: "Kurikulum sebagai Sarana Pembentukan Karakter"
Sistematika Pembahasan:

Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Pengertian Kurikulum dan Karakter
B. Nilai-nilai Karakter dalam Pendidikan
C. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum
D. Implementasi Kurikulum bermuatan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam
    1. Kurikulum Pendidikan Karakter di Madrasah
    2. Kurikulum Pendidikan Karakter di Pesantren
Bab III: Penutup

Topik 10: "Dinamika Hubungan Guru dengan Siswa, Lembaga Pendidikan dan Masyarakat"
Sistematika Pembahasan:

Bab I: Pendahuluan
Bab II: Pembahasan
A. Guru dan Tantangan Perubahan Sosial
B. Dinamika Hubungan Guru dan Siswa
C. Dinamika Guru dalam Lembaga Pendidikan
D. Dinamika Profesi Guru di tengah Masyarakat
Bab III: Penutup

0 komentar

Advertisement